Andi Amran Masuk Radar Prabowo

Mentan Harus Berani Kotor, Tapi Bukan Calon Koruptor

Anggota Komisi IV DPR Firman Soebagyo. (Foto: Ist)
Anggota Komisi IV DPR Firman Soebagyo. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka – Calon Presiden Prabowo Subianto mengatakan, Andi Amran Sulaiman masuk radar calon menteri pertanian (mentan) periode 2024-2029. Dalam penilaiannya, Amran merupakan figur yang mampu membangun sektor pertanian sangat luar biasa dan membawa Indonesia mencapai swasembada.

Anggota Komisi IV DPR Firman Soebagyo tidak heran jika Amran masuk dalam ja­jaran kabinet di Pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming. Sebab, seorang menteri pertanian memang harus paham sektor pertanian. Dan lebih penting dari itu, dia harus berani kotor dalam arti yang positif.

“Ya karena yang namanya pertanian kan identik dengan sawah, dengan lahan, ya dia harus berani kotor. (Tapi) Ko­tor itu konotasinya bukan kotor menjadi koruptor. Tapi kotornya itu kakinya harus berani kena lumpur dan kena air. Itu filoso­finya,” kata Firman Soebagyo saat dihubungi Rakyat Merdeka, Minggu (18/2/2024).

Karena itu, sambung Fir­man, kriteria mentan ke depan, adalah figur yang benar-benar paham tentang masalah pertanian. Namun, paham pertanian ini bukan hanya mengetahui cara pemenuhan terhadap ma­salah pangan, kesediaan pangan, tapi bagaimana mendorong petani meningkatkan produksi pangan nasional. Jadi, amanat Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan yang mengamanahkan agar swasembada pangan menuju ke kedaulatan pangan bisa terwujud.

“Ini yang menjadi landasan utama. Sebab, pangan merupak­an amanat konstitusi, dan pangan itu adalah hak asasi manusia,” tegasnya.

Firman menegaskan, pemenu­han pangan merupakan hal yang sangat fundamental. Apalagi pada tahun 2030 nanti, jumlah populasi masyarakat Indonesia nanti pada tahun 2030 bakal tembus mencapai 300 jutaan penduduk.

“Semua ini harus dipenuhi pangannya, dan tentunya dari produk pangan dalam negeri, bukan impor,” tambahnya.

Sebelumnya, calon Presiden terpilih Prabowo Subianto me­nilai Mentan Andi Amran Su­laiman masuk sebagai kriteria menteri pada kabinet pemerin­tahannya.

Hal tersebut diungkapkannya saat memberikan sam­butan pada acara Pembinaan Penyuluh Pertanian dan Petani serta Food Estate Partisipatif di Kabupaten Sumedang, Selasa (30/1/2024).

“Menteri pertanian yang sekarang seorang praktisi. Dan mungkin Anda bisa menduga-duga siapa tahu kalau saya yang terima mandat, siapa yang kira-kira akan menjadi menteri pertanian di kabinet baru, kira-kira, mungkin. I want only do best,” ujar Prabowo.

Prabowo menilai, kemam­puan Amran dalam membangun sektor pertanian sangat luar biasa karena sukses memba­wa Indonesia mencapai swasembada. Amran, menurutnya, sosok panglima pangan yang menjaga kedaulatan pertanian nasional.

“Saya melihat kemampuan beliau dan tekad beliau (Andi Amran Sulaiman) yang baru 2 bulan menjabat sudah berbuat banyak dan sungguh-sungguh untuk bangsa ini,” katanya.

Prabowo pun menyampaikan terima kasih kepada Presiden Jokowi yang telah menunjuk kembali Amran sebagai menteri. Dalam pandangannya, Amran adalah petarung sekaligus pe­kerja keras yang memiliki tekad besar dalam memajukan sektor pertanian Indonesia.

“Saya berterima kasih ke­pada presiden Jokowi karena beliau menunjuk saudara Andi Amran sebagai menteri perta­nian. Seorang anak petani, anak babinsa, sebagai pakar, sebagai teknokrat dan pemimpin yang bertekad mengurus masalah pertanian,” jelasnya.https://gayunggoyang.com/wp-admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*