BAB sembarangan akibat minimnya akses toilet di berbagai negara mengancam jutaan nyawa

Toilet umum
Keterangan gambar,Ilustrasi: Dua bocah bermain di fasilitas toilet umum di tempat pengungsian warga terdampak gempa di Palu, Sulawesi Tengah, pada 2019.

Setengah dari populasi dunia berisiko meninggal akibat penyakit yang disebabkan oleh minimnya toilet yang layak, menurut Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB). Sanitasi yang buruk kemungkinan besar dapat mencemari air minum, sehingga menyebabkan berkembangnya kolera dan penyakit mematikan lainnya.

Meskipun beberapa negara seperti India dan Indonesia telah berhasil meningkatkan kualitas sanitasinya, muncul tanda-tanda bahwa perubahan iklim turut menambah tantangan lebih lanjut untuk menyediakan toilet yang layak.

19 November adalah Hari Toilet Sedunia, yang ditetapkan oleh PBB dan diperingati sejak 2013 untuk menyoroti krisis sanitasi global.

Pada 2023, Unicef memperkirakan bahwa sekitar 400.000 balita meninggal dunia setiap tahunnya akibat penyakit yang disebabkan oleh air minum yang tidak aman, sanitasi dan kebersihan. Terdapat sekitar 1.000 kasus per hari, dan kasus-kasus ini sebenarnya bisa dicegah. https://gayunggoyang.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*