Titah Jokowi: Siap-siap Bakal Ada 630 BTS 4G di Papua

Jakarta, CNBC Indonesia – Presiden Joko Widodo meresmikan pengoperasian sinyal BTS 4G BAKTI dan akses internet di desa 3T serta pengoperasian integrasi Satelit Satria-1 di Kabupaten Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara, Kamis (28/12/2023). Dalam kesempatan itu, Jokowi menyampaikan perintah khusus kepada Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

Seperti diketahui, Kementerian Kominfo melalui Badan Layanan Umum Badan Aksesibilitas Telekomunikasi Informasi telah membangun 4.990 BTS 4G hingga 26 Desember 2023. Namun, masih ada 630 BTS 4G yang belum terbangun di tanah Papua.

“Memang di sana medannya juga sangat sulit, keamanannya juga perlu didampingi,” kata Jokowi. Turut hadir dalam kesempatan itu Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi dan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.

“Tadi pagi saya sudah perintahkan ke Panglima TNI dan Kapolri agar pembangunan bisa segera dimulai dan didampingi dari sisi keamanannya sehingga semuanya masalah-masalah yang ada bisa kita selesaikan dengan baik,” lanjutnya.

Sebelumnya, Budi Arie mengatakan, ada 630 BTS 4G yang belum bisa dituntaskan tahun ini. Budi Arie menargetkan penuntasannya dapat dilakukan tahun depan.

“Mudah-mudahan semester I atau kuartal tahun depan mudah-mudahan kita bisa diselesaikan di daerah kahar khususnya di Papua,” katanya.

Lebih lanjut, Budi Arie mengharapkan bantuan, koordinasi, dan kerja sama dengan Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto untuk menuntaskan pembangunan BTS 4G di Papua.

“Karena memang tantangan geografisnya dan juga hal-hal yang menyangkut lingkungan dan sebagainya memang menjadi tantangan di Papua,” ujar Budi Arie. https://bukanlah.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*