Pesaing Avanza Ini Kompak Diskon Rp20 Juta Lebih, Cek Speknya

Jakarta, CNBC Indonesia – Dealer mobil tengah jor-joran menjual mobil di akhir tahun ini. Di segmen MPV 7 seater yang diisi oleh beberapa jagoan seperti Toyota Avanza, Mitsubishi Xpander hingga Hyundai Stargazer juga didiskon besar, bahkan sampai Rp 40 juta lebih.

Pabrikan Korea Selatan Hyundai memberi diskon untuk Stargazer, utamanya untuk unit lama yang belum terjual. Diskon besar ini bertujuan agar mobil ini bisa segera terjual cepat.

“Stargazer Old Prime sekarang lagi diskon Rp 40 juta lebih, kalau yang New Prime diskonnya cuma Rp20 juta,” kata tenaga penjual Hyundai di Jakarta kepada CNBC Indonesia, Kamis (28/12/23).

Ada perbedaan fitur antara Stargazer baru dan lama, diantaranya dalam pengereman tangan. Model baru sudah mengenakan electric parking brake (EPB), sedangkan model lama masih rem tangan tarik.

Selain itu dari sisi interior, New Stargazer sudah mengikuti dasbor terbaru, bukan piano black seperti dasbor Stargazer yang terakhir.

Adapun harga Stargazer lama seperti Active MT ada di angka Rp 247,2 juta, tipe Essential IVT di Rp 272,5 juta hingga tipe Prime IVT terbaru di Rp 316,2 juta.

“Stargazer Essential IVT sama MT diskonnya di Rp 20 juta, memang ngga sebesar yang Old sampai Rp 42 juta,” ungkapnya.

Selain Hyundai Stargazer, model MPV lain seperti Avanza juga tengah mendapat diskon akhir tahun Avanza tipe terrendah yakni 1.3 E dengan harga Rp 249.800.000 juga tengah mendapat diskon puluhan juta

“Matic 1.3 E cashback Rp 31 juta, ini banyak dibeli perusahaan khususnya operasional, makanya unit yang ini lumayan shorted,” kata tenaga penjual Toyota di Jakarta.

Cashback sebesar itu bukan berasal dari gabungan antara diler dan leasing atau perusahaan pembiayaan, melainkan hanya dari diler. Karena itu, baik pembelian secara kredit maupun cash bakal mendapatkan diskon yang serupa. Cashback lebih besar mengarah pada Avanza tipe yang lebih tinggi, yakni 1.5 G CVT/

“Matic 1.5 G CVT cashback maksimalnya di Rp 33 juta,” lanjutnya.

Mitsubishi Xpander di IIMS 2022 (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Tidak ketinggalan, Diler mobil seperti Mitsubishi mulai mengobral kendaraan unggulannya seperti Xpander hingga puluhan juta. Diskon tersebut umumnya mengarah pada kendaraan dengan stok yang jumlahnya masih melimpah.

“Xpander Ultimate diskon cashback Rp 25 juta, ini tipe Xpander dengan diskon tertinggi. Kalau tipe Sport, Exceed atau di bawahnya GLS di bawahnya masih belasan juta,” kata tenaga penjual Mitsubishi.

Obral diskon sampai puluhan juta itu demi menghabiskan stok mobil di tahun ini. Namun jika stoknya tidak terlalu banyak, diler tidak memiliki beban untuk terlalu mengobral harga kendaraannya.

“Xpander stoknya ngga banyak, makanya walau akhir tahun diskonnya ngga gede-gede banget kaya brand lain,” ungkapnya. https://bagaimanacaraya.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*