Lee Sun-kyun Disebut Jadi ‘Kambing Hitam’ Polisi dan Media

Jakarta, CNBC Indonesia – Kasus bunuh diri Lee Sun-kyun menjadi sorotan para pecinta konten hiburan Korea Selatan. Diketahui, Lee Sun-kyun ditemukan meninggal di dalam mobilnya di Waryong Park, Jongno-gu, Seoul, Rabu (27/12/2023) pukul 10.30 waktu setempat.

Kasus bunuh diri pemeran Parasite itu menjadi sorotan karena ia tengah diselidiki dalam kasus dugaan penyalahgunaan narkoba. Rumitnya perjalanan tuduhan kasus itu bahkan sempat membuat Lee Sun-kyun merasa dijebak, hal inipun turut mengundang tanda tanya dari para penggemar.

Melansir dari Allkpop, salah satu media ternama Korea Selatan, Dispatch, mengungkapkan bahwa Lee Sun-kyun adalah “korban kambing hitam pihak kepolisian dan media”. Bahkan, Dispatch menyebut Divisi Investigasi Kejahatan Narkoba dari Kepolisian Metropolitan Incheon gagal memenuhi peran lembaga penegak hukum.

Dalam laporannya, Dispatch menilai bahwa penyelidikan atas kasus tuduhan yang menimpa Lee Sun-kyun sudah gagal dan cacat sejak awal meskipun kepolisian Incheon menegaskan tidak ada masalah dalam proses penyelidikan.

Pada Oktober 2023 lalu, Divisi Investigasi Kejahatan Narkoba dari Kepolisian Metropolitan Incheon menemukan nama selebriti terkenal saat menyelidiki kasus narkoba ilegal di tempat hiburan dewasa elit di kawasan Gangnam.

Anggota tim Investigasi TKP Korea menyelidiki lokasi aktor Korea Selatan Lee Sun-kyun ditemukan tidak sadarkan diri di Seoul, Korea Selatan, Rabu, 27 Desember 2023. Lee dari film pemenang Oscar

Berdasarkan informasi dari seorang manajer tempat hiburan, ‘Kim’, pada 18 Oktober 2023 polisi menyebutkan bahwa Lee Sun-kyun memberikan obat-obatan terlarang, termasuk ganja, di rumah ‘Kim’ di Dongdaemun-gu, Seoul.

“Tujuh orang, termasuk ‘Kim’, mengelola obat-obatan terlarang Philopon di sebuah perusahaan di Gangnam pada 20 Juni 2023 sekitar pukul 17.00,” tulis laporan kepolisian.

Laporan perdana dari media seputar kasus ini pun ditayangkan pada 19 Oktober 2023, yakni sehari setelah polisi selesai menulis laporan penyelidikan. Pada saat itu, media Gyeonggi Shinmun mempublikasikan laporan eksklusif berjudul “Bintang Top ‘L’ Diselidiki secara Internal Akibat Obat-obatan Terlarang”.

Melihat hal tersebut, Dispatch menilai bahwa Lee Sun-kyun dijadikan kambing hitam oleh ‘Kim’ demi mendapatkan keringanan hukuman.

Tidak hanya itu, aktor kelahiran 2 Maret 1975 itu juga dijadikan kambing hitam oleh kepolisian Incheon yang ingin terlihat bekerja dengan baik di depan Kementerian Administrasi dan Keamanan Publik. Dilaporkan, kementerian tersebut tengah menggenjot kampanye nasional “Perang Melawan Narkoba”.

Melalui kampanye tersebut, kepolisian Incheon disebut “berkolusi” dengan media untuk mengalihkan perhatian nasional ke kasus narkoba yang sedang ditangani.

Aktor Korea Selatan, Lee Sun Kyun. (Dok. IMDB)

Bukti bahwa Lee Sun-kyun dijadikan kambing hitam semakin menguat setelah rekam jejak menunjukkan bahwa ‘Kim’ pernah dijatuhi enam kali hukuman terkait penggunaan obat-obatan terlarang.

Setelah memeras Lee Sun-kyun sebesar 300 juta won atau sekitar Rp3,58 miliar (asumsi kurs Rp11,97/won), ‘Kim’ menyodorkan nama Lee Sun-kyun kepada polisi sebagai bentuk “kontribusi” terhadap penyelidikan yang sedang berlangsung.

Sementara itu, pada 24 November 2023 lalu, tes folikel rambut kedua Lee Sun-kyun menunjukkan hasil negatif. Melihat hasil tersebut, warganet pun mengecam polisi karena dinilai memaksakan beberapa tes narkoba terhadap Lee Sun-kyun tanpa “bukti yang bisa dipercaya”.

Di tengah kecaman tersebut, KBS News memperoleh rekaman eksklusif panggilan telepon antara Lee Sun Gyun dan ‘Kim’ yang disebut menjadi bahan pengalihan isu terkait hasil tes narkoba yang negatif.

Sebulan kemudian, yakni 26 Desember 2023, JTBC merilis artikel terkait pembaruan kasus Lee Sun Gyun yang mengutip pernyataan yang diperoleh dari polisi.

Dalam artikel tersebut, JTBC menyebutkan bahwa Lee Sun-kyun mengaku telah mengendus suatu obat dengan sedotan setelah ditipu oleh beberapa pihak yang mengatakan bahwa itu adalah obat tidur.

Informasi tersebut pun telah disampaikan ke outlet berita tepat saat Lee Sun-kyun meminta kepolisian untuk menggunakan tes pendeteksi kebohongan demi memverifikasi informasi yang diberikan oleh ‘Kim’.

Saat ini, Dispatch menyebutkan bahwa kepolisian Incheon mulai khawatir terhadap citra instansinya setelah teka-teki kasus tuduhan penyalahgunaan narkoba Lee Sun-kyun mulai terbongkar. https://tawkapinew.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*