Budi Arie Ungkap Alasan Pilih Talaud Buat Jokowi Cek Sinyal

Jakarta, CNBC Indonesia – Presiden Jokowi akan meresmikan BTS 4G di Desa Bowombaru Utara, Talaud, Sulawesi Utara, hari ini, Kamis (28/12/2023).

Talaud dipilih karena termasuk wilayah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T). Di mana masih wilayah 3T ini menjadi fokus konsentrasi pemerataan akses konektivitas.

“Kita kan bisa melihat bahwa kalau daerah-daerah perkotaan atau Pulau Jawa relatif ketersediaan infrastruktur digital lebih memadai dibanding saudara-saudara kita yang masih tinggal di [wilayah] tertinggal, terdepan dan terluar,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie dalam program Your Money Your Vote di CNBC Indonesia.

Berdasarkan website resmi pemerintahan setempat, wilayah Kabupaten Kepulauan Talaud terdiri dari laut seluas 37.800 km2 (95,24%) dan daratan seluas 1.251,02 km2 (4,76%). Talaud adalah kawasan paling utara di wilayah timur Indonesia dan berbatasan langsung dengan wilayah Davao del Sur, Filipina.

BTS Desa Bowombaru Utara, Talaud. (CNBC Indonesia/Kartini Bohang)

Jarak Talaud dari Manado mencapai 383 km dan 2.505 km dari Jakarta. Perjalanan menuju Talaud dari Manado membutuhkan waktu 14 jam lewat jalur laut atau 1 jam menggunakan pesawat udara.

Acara peresmian pengoperasian BTS 4G di Talaud akan dihadiri Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi dan Dirut Bakti Kominfo Fadhilah Mathar.

Budi sebelumnya mengatakan sebanyak 4.988 BTS dari total target 5.618 BTS telah beroperasi penuh hingga Desember 2023.

Sisanya sebanyak 630 BTS akan dikebut dengan memperhatikan kondisi dan tantangan yang ada di lapangan. Misalnya terkait keamanan, faktor geografi yang sulit dijangkau, dan sebagainya.

Budi mengatakan Kominfo terus berkoordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri dan pemerintah daerah untuk menemukan solusi penyelesaian pembangunan di daerah 3T.

Bersamaan dengan peresmian pengoperasian BTS 4G di Talaud, Bakti Kominfo juga menggelar seremoni pengoperasian Satria-1. https://mesinpencarinenas.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*