Andre Soelistyo Jual 100 Juta Saham GOTO Buat Bayar Utang

Jakarta, CNBC Indonesia – Andre Soelistyo menjual 100.000.000 saham Seri A PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) yang dimiliki secara langsung dan tidak langsung atau setara dengan 0,01% dari modal ditempatkan dan disetor perseroan.

Mengutip keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), transaksi penjualan saham tersebut dilakukan pada tanggal 22 Desember 2033 dengan harga penjualan rata-rata Rp 86 per saham. Sehingga, Andre mengantongi Rp 8,6 milar.

Adapun Andre yang kini menjabat sebagai Komisaris GOTO menjual saham dengan tujuan pembayaran fasilitas kredit.

Dengan demikian, total kepemilikan saham Andre di GOTO menjadi 9.881.555.284 saham seri A dan seri B atau setara dengan 0,82% dari modal ditempatkan dan disetor perseroan dari sebelumnya yang tercatat 9.981.555.284 lembar.

Rinciannya adalah 3.147.530.184 saham seri A dan 6.734.025.100 saham seri B. Persentase kepemilikan saham Andre kini menjadi 0,82%.

Andre sendiri sebelumnya merupakan CEO dari GOTO, sebelum digantikan Patrick Walujo pada Juni lalu. Sebelum menjadi CEO GOTO, Andre menjabat sebagai Co-CEO Gojek.

Sejak bergabung dengan Gojek pada 2015, ia telah memegang peranan penting dalam membangun dasar yang kuat untuk pertumbuhan bisnis jangka panjang Gojek. Andre telah memimpin penggalangan dana Gojek dengan nilai lebih dari US$ 5 miliar dari investor utama seperti Google, Tencent, Astra, KKR dan Warburg Pincus.

Sebelum bergabung dengan Gojek, Andre juga sempat menjabat sebagai Direktur Eksekutif Northstar Group, perusahaan private equity di Asia Tenggara. Selain itu, dalam jejak karirnya, Andre pernah menjabat sebagai head of corporate finance di emiten kontraktor pertambangan batu bara PT Delta Dunia Makmur Tbk. (DOID).

Dalam riwayat pendidikannya, Andre meraih gelar Bachelor of Science dari University of Technology Sydney pada tahun 2005. https://trukgandeng.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*