Ada BTS 4G, Warga Talaud di Ujung RI Kini ‘Tinggal Googling’

Talaud, CNBC Indonesia – Sejak BTS 4G mulai beroperasi di Desa Bowombaru Utara, Talaud, Sulawesi Utara, pada 20 Desember 2023, ada banyak perubahan yang dirasakan masyarakat.

Salah satunya di sektor pendidikan. Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Melonguane Timur, Supartiningsih, mengatakan kini siswanya bisa ‘googling’ materi-materi sekolah yang tersedia di internet.

“Alhamdulillah, setelah ada internet kami mengajarkan media yang lebih luas ke anak-anak. Sekarang kan IT penting. Anak-anak bisa belajar dan mengerjakan tugas lebih gampang. Cari informasi juga bisa tinggal Googling,” kata dia kepada CNBC Indonesia, Rabu (23/12/2023).

Lebih lanjut, ia mengatakan laptop di SMP Negeri 1 Melonguane Timur juga sudah tersedia berkat dana BOS. Selain itu, ada pula SmartTV dari pemerintah daerah.

Namun, sebelum ada internet mengalir, para guru harus men-download materi di tempat-tempat yang ada sinyal. Lalu memasukkan materi itu ke dalam flashdisk dan memberikannya kepada murid.

“Sekarang semua sudah online. Jadi pertukaran informasi dan data gampang,” ia menjelaskan.

Sejalan dengan pernyataan Supartiningsih, salah satu murid SMP Negeri 1 Melonguane Timur bernama Jetri (14 tahun) mengaku sangat terbantu dengan hadirnya BTS 4G di Bowombaru.

“Dulu kalau mau cari internet harus ke pinggir jalan. Sekarang di kamar dan dapur juga bisa,” ia menjelaskan.

Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Melonguane Timur, Supartiningsih, mengatakan kehadiran BTS 4G di Bowombaru Utara sejak 20 Desember membawa manfaat besar bagi dunia pendidikan.

“Alhamdulillah, setelah ada internet kami mengajarkan media yang lebih luas ke anak-anak. Sekarang kan IT penting. Anak-anak bisa belajar dan mengerjakan tugas lebih gampang. Cari informasi juga bisa tinggal Googling,” kata dia.

Talaud merupakan salah satu daerah yang masuk kategori 3T (tertinggal, terdepan, terluar). Bakti Kominfo menjadikan Talaud sebagai salah satu daerah fokus pembangunan akses internet melalui BTS 4G.

Saat ini sudah ada 15 BTS di Kepulauan Talaud. 7 BTS dibangun hingga 2020 dan yang terbaru 8 BTS dibangun sejak 2021-2022.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi sebelumnya mengatakan sebanyak 4.988 BTS dari total target 5.618 BTS telah beroperasi penuh hingga Desember 2023.

Sisanya sebanyak 630 BTS akan dikebut dengan memperhatikan kondisi dan tantangan yang ada di lapangan. Misalnya terkait keamanan, faktor geografi yang sulit dijangkau, dan sebagainya. https://tipatkaiganteng.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*